Home

Sabtu, 19 Maret 2011

ASAL NAMA "AMERIKA"

Asal nama “amerika” bukan dari nama pedagang dan kartografer Italia Amerigo Vespucci, melainkan dari Richard Ameryk, seorang Wales dan pedagang kaya raya dari Bristol. Ameryk adalah investor utama perjalanan trans-atlantik ke dua yang dilakukan oleh John Cabot – nama Inggris navigator asal Italia, Giovanni Caboto, yang perjalanan-perjalanannya pada 1497 dan 1498 menjadi dasar klaim Inggris yang berikutnya terhadap Kanada. Dia pindah dari London ke Genoa pada 1484 dan diberikan kekuasaan oleh Raja Henry VII untuk menyelidiki pulau-pulau tak dikenal di daerah Barat.

Amerigo Vespucci
Dengan kapal kecilnya Matthew, Cabot tiba di Labrador pada Mei 1497 dan menjadi orang Eropa pertama yang menginjakkan kaki di tanah Amerika, dua tahun sebelum kedatangan Vespucci.

John Cabot
Cabot memetakan garis pantai Amerika Utara dari Nova Scotia ke Newfoundland. Sebagai penyokong utama perjalanan tersebut, Richard Ameryk berharap penemuan-penemuan itu dinamai berdasarkan namanya. Ada sebuah catatan di kalender Bristol untuk tahun itu: ”... pada hari baptis St. John (24 Juni), daratan Amerika ditemukan oleh pedagang-pedagang Bristowe, dalam sebuah kapal Bristowe bernama Matthew”, yang dengan jelas menyatakan inilah yang terjadi.

Replika "Matthew" 
Walaupun manuskrip asli kalender ini sudah tidak ada lagi, ada sejumlah referensi mengenainya dalam dokumen-dokumen komtemporer yang lain. Inilah penggunaan pertama istilah “amerika” yang merujuk pada benua baru tersebut.

Peta paling awal yang masih ada yang menggunakan nama tersebut adalah peta besar dunia tahun 1507 yang dibuat oleh Martin Waldseemüller, tapi hanya meliputi Amerika Selatan. Dalam catatannya, Waldseemüller membuat asumsi bahwa nama tersebut berasal dari versi bahasa Latin nama pertama Amerigo Vespucci, karena Vespucci telah menemukan dan memetakan pesisir Amerika Selatan dari tahun 1500 hingga 1502.

Peta dunia Waldseemuller
Dari sini terkesan dia tidak tahu pasti, dan berusaha menjelaskan sebuah nama yang pernah dilihatnya di peta-peta lain, mungkin peta Cabot. Satu-satunya tempat di mana nama “amerika” dikenal dan digunakan adalah di Bristol – bukan tempat berbasis-Perancis yang cenderung dikunjungi Waldseemüller. Secara drastis, dia mengganti “amerika” dengan “terra incognita” dalam peta dunianya tahun 1513.

Peta "Amerika" Waldseemuller
Vespucci tidak pernah mencapai Amerika Utara. Semua peta dan perdagangan awal dilakukan oleh orang Inggris. Dan dia tidak pernah pula menggunakan istilah “amerika” untuk penemuannya.

Ada sebuah alasan yang bagus untuk ini. Negara-negara dan benua-benua baru tidak pernah dinamai dari nama pertama seseorang, tetapi selalu dari nama keluarga (sebagaimana pada Tasmania [dari Abel Tasman], Pulau Van Diemen, atau Kepulauan Cook [dari James Cook]).
Amerika pastilah menjadi “daratan Vespucci” atau “Vespuccia” jika penjelajah Italia itu dengan sadar memberikan namanya pada tempat tersebut.


Thanks for reading ^_^

Sumber:
Buku The Book of General Ignorance, 2006, karya Llyod dan John Mitchinson.

PS:
Silakan kalau mau copy-paste, namun kalau tidak keberatan mohon sertakan link-back ke blog ini. Terima kasih.



Related Posts:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar