Home

Selasa, 05 Juli 2011

TIPS AGAR MUDAH TIDUR

Bagi yang mempunyai masalah sulit tidur, ada baiknya mengikuti tips-tips berikut ini. Semoga berguna.

1.      Pilih tempat tidur yang nyaman
Salah satu masalah yang dihadapi orang yang sulit tidur adalah pemilihan tempat tidur yang kurang tepat. Oleh karena itu, pilihlah tempat tidur dengan kasur dan bantal dari bahan yang bagus.

2.      Ciptakan iklim kondusif
Penataan ruang tidur memegang peranan penting dalam menjamin kepulasan kita saat tidur. Ruang yang tertata dengan baik dapat menciptakan iklim yang kondusif untuk tidur. Tatalah ruangan sesuai selera dan dukung dengan suhu yang sejuk agar kita merasa lebih nyaman.

3.      Pastikan tidur dalam keadaan segar
Bila perlu, mandilah sebelum tidur karena aktivitas tersebut akan membuat otot menjadi lebih santai dan segar.

4.      Minum segelas susu atau teh herbal
Segelas susu atau teh herbal hangat yang diminum sebelum tidur akan membuat tubuh menjadi lebih siap untuk tidur. Jangan khawatir menjadi lebih gemuk setelah minum susu.

5.      Lakukan gerakan relaksasi
Bila rasa kantuk tak kunjung datang, lakukan olahraga relaksasi. Bisa dengan latihan pernafasan, mendengarkan lagu-lagu lembut atau membiarkan pikiran menerawang. Relaksasi diyakini dapat mempercepat datangnya rasa kantuk.

6.      Baca bacaan ringan
Rasa kantuk juga bisa cepat datang dengan membaca bacaan-bacaan ringan. Membaca akan membuat mata lelah sehingga rasa kantuk akan segera muncul. Namun, jangan membaca dengan posisi tidur karena berbahaya bagi mata.

7.      Hilangkan rasa khawatir
Rasa khawatir akan menambah beban pikiran sehingga membuat kita sulit tidur. Oleh karena itu, buang jauh-jauh rasa khawatir dari pikiran dan tutuplah kamar tidur agar tidak terganggu.

8.      Ciptakan rasa nyaman
Satu jam sebelum tidur, ada baiknya kita menghentikan semua kegiatan, terutama misalnya menonton film seram. Menonton film seperti itu dikhawatirkan akan membuat kita merasa takut sehingga pikiran menjadi terganggu.

9.      Beri waktu untuk tidur
Kita tidak dapat memaksa rasa kantuk cepat datang. Biarkan tubuh yang merasakan. Jangan memaksa atau mengontrol tidur karena rasa kantuk memang sulit dikontrol.

10.  Bangun setelah 30 menit
Bila dalam waktu 30 menit kita masih belum bisa tidur, bangun dan lakukan sesuatu yang perlu diselesaikan. Jangan buang-buang waktu hanya dengan berbaring di tempat tidur.


Thanks for reading ^_^

Sumber:

PS:
Silakan kalau mau copy-paste, namun kalau tidak keberatan mohon sertakan link-back ke blog ini. Terima kasih.



Related Posts:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar